Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dsp : Bagian Chipset Yang Tak Kalah Penting Dari Cpu Dan Gpu


Tumеѕkесіl - Kalau lagi ngbrolin ihwal ponsel berakal, lazimnya yang jadi pertanyaan utamanya "CPU-nya apa?apa GPU nya Adreno 510?COre nya A72 apa A53?" Itu semua pasti udah tau lah dan sering diomongin. Nah, dikala kalian main musik, ditaru di meja, niscaya layarnya mati kan. Ini yang melakukan pekerjaan bukan CPU-nya yg A53 atau A72 nya . 


ѕоurсе іmаgе : Quаlсоmm

Itu yang melaksanakan pekerjaan yaitu Co- processor atau DSP (Digital Signal Processor) yang berada di dalam chipset ponsel terpelajar kalian. Apa itu co-prosesor? co-prosesor adalah prosesor yang memiliki kemampuan lebih spesifik. Ia dirancang khusus untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan tertentu, dengan efisiensi lebih tinggi dan daya yang lebih rendah.



Jika ponsel cerdik kalian menggunakan chipset Snapdragon, salahsatu DSP nya yaitu Hexagon DSP. DSP ini berhubungan dengan ISP ( Imange Signal Processor) untuk memproses sinyal dari kamera saat mengambil foto/video. 

Jika kerjaan itu saja kerjaan dilakukan CPU, maka HP kau pasti gk bertahan sejam. Lalu, kerjaan keduanya ialah nonton video dan ngeplay musik. Itu yang nge-decode video dan musik tersebut ialah Hexagon DSP.

Makanya jika kamu memakai chipset Snapdragon, kau bisa menikmati video yang berdurasi usang atau maen musik dengan durai yang usang.

DSP juga membaca sinyal - sinyal sensor termasuk sensor fingerprint. Jadi, jikalau kau mau membuka hp kau dengan fingerprint, kau gk peru nyalain hp kau. Itu yang kerja bukan cuma Hexagon tetapi juga co-prosesor lain yang namanya Security Block yang menyimpan data fingerprint kau.

Kalau misalnya tidak ada Hexagon ini, seharian nunggu data dari fingerprint kau, HP kau pasti tidak akan tahan sejam gan.

Makara sudah terperinci bahwa DSP sangatlah penting perannya. Karena kerjaannya mirip seperti manajer yang kerjaannya koordinasi untuk ngebangunin co-prosesor dan prosesor utama yang ada di chipset kau.


ѕоurсе іmаgе : Quаlсоmm
Ngomongin co-prosesor, di dalam chipset Snapdragon dengan seri 625 juga ada modem X9 dimana ia telah bisa menjangkau kecepatan maksimum download 300 Mbps dan kecepatan upload maksimum hingga 150 Mbps. Itu sudah niscaya aman. Jika kau ke Indonesia di manapun, kecepatan segitu niscaya tidak akan lewat. 

Modem ini juga bisa memproses keluar masuknya data se-efisien mungkin. Makara bisa streaming beberapa jam. Zaman dahulu acara ini masih belum bisa dijalankan. naun sekarang memungkinkan karena kemajuan modem ini yang merupakan salahsatu co-prosesor yang ada dalam suatu chipset.

Selain itu, dalam chipset Snapdragon juga ada yang namanya iZAT LOCATION SYSTEM. co-prosesor ini bisa menentukan posisi kamu dari berbagai macam sinyal yang ada di sekitarnya bukan cuma sinyal satelit GPS.

Mаkаrа bеlіаu bіѕа dіраkаі untuk bеrnаvіgаѕі jіkаlаu kаu dаlаm ruаngаn, undеrраѕѕ, аtаu bаhkаn оvеrраѕѕ. Dіа mаmрu mеnеtrаlіѕіr dаtа lоkаѕі kаu bеrkаt іZAT LOCATION SYSTEM іnі.

Nah semua co-prosesor itu dikontrol sedemikian rupa kaban berdiri dan jalannya oleh DSP. Kaprikornus, bukan hanya CPU dan GPU yang penting. Tapi DPS juga penting. Dia yang menentukan seberapa tanpa hambatan user experience kamu dan seberapa usang baterai kau tahan.

Posting Komentar untuk "Dsp : Bagian Chipset Yang Tak Kalah Penting Dari Cpu Dan Gpu"